Rabu, 14 Maret 2012

Mengenang Samarinda Zaman dulu

Samarinda merupakan ibukota provinsi Kalimantan Timur, namun jika berpikir apakah samarinda sudah layak dikatakan sebuah ibu kota?terutama dari fasilitas kotanya?

Memang saat ini sudah banyak perubahan wajah dari kota samarinda baik menuju ke arah yang postif maupun ke arah yang negatif.

Kita membahas ke arah yang positif dulu ya.
Dulu samarinda hanya punya hotel yang berkelas hanya hotel mesra internasional dan hotel bumi senyiur yang semuanya bintang empat (sampai saat ini hotel bintang tertinggi di samarinda hanya baru sampai bintang empat)tapi sekarang hotel berbintang walau baru sampai bintang empat sudah menjamur disini seperti hotel aston and confrence bintang 4, swissbell hotel borneo internasional bintang 4, hotel radja bintang 3, hotel Grand Victoria bintang 3 dan yang akan opening di pertengahan tahun 2012 adalah hotel horison.

Kedepannya ditahun 2012 ini akan banyak lagi hotel baru yang akan hadir di samarinda seperti hotel ibis, hotel mercure, trans hotel, hotel grup senyiur dimana semuanya hotel berkelas.

Dulu samarinda punya pusat perbelanjaan yang iconic yaitu citra niaga namun sekarang citra niaga sinarnya meredup karena makin banyaknya pusat perbelanjaan baru di samarinda. Sebenarnya sejak awal tahun 90-an sudah memiliki pusat perbelanjaan skala mall yaitu plaza samarinda namun kehadirannya tidak bertahan lama karena tidak begitu lama hadirlah mall yang lebih berkelas yaitu mall mesra indah sehingga plaza samarinda tidak bertahan lama bahkan plaza samarinda mengubah fungsi bangunannya dari pusat perbelanjaan menjadi pusat hiburan malam.
Kemudia di mediao 1998 hadirlah mall yang megah dengan menghadirkan tenant yang lebih berkelas pula yaitu mall lembuswana dengan anchor tenantnya yaitu matahari department store.
Kehadiran Mall Lembuswana mengubah gaya hidup masyarakat samarinda karena begitu banyak brand-brand nasional yang hadir disini seperti foodmart, gramedia, timezone dll.

Pada tahun 2002 hadir lagi mall baru di samarinda yaitu samarinda central plaza yang karena baru pasti lebih modern dari sebelumnya, yang sangat istimewa adalah mall ini menghadirkan studio cinema jaringan 21 sehingga masyarakat samarinda menjadi tambah elite lagi karena kehadiran jaringan cinema 21 ini. Anchor tenantnya adalah ramayana dan hero supermarket dan sangat banyak tenant-tenant dengan brand nasional maupun internasional yang hadir di SCP ini seperti pizza hut, Mc Donald, KFC, TB kharisma dll nya. Bahkan sekarang telah hadir pula yang baru di SCP yaitu studio cinema XXI, restoran cabe merah dan akan hadir de excelso.

Sejak kehadiran Samarinda Central Plaza, penambahan atau kehadiran mall baru di samarin menjaDi stuck selama kurang lebih 8 tahun setelah itu baru hadir kembali mall baru yaitu Plaza Mulia di medio tahun 2009 dengan anchor tenantnya yaitu Matahari DS serta Hypermart.
Mall ini sangat banyak tenant nasional maupun internasional seperti Pizza Hut, J.Co coffee n donuts, roti boy, giordano, poshboy, excelso cafe, breadtalk, breadlife dll.

Dan selang waktu yang tidak lama hadir pula mall baru yaitu Samarinda Square anchor tenantnya yaitu ramayana dan robinson supermarket.

Jadi saat ini jumlah pusat perbelanjaan atau mall di samarinde sebanyak 5 buah dan sebentar lagi kita akan menikmati mall baru yaitu Big Mall di kawasan sei.Kunjang.

Untuk fasilitas umum sejak tahun 2008 samarinda memiliki stadion megah dan mewah sebanyak 3 buah yaitu stadion segiri, stadion madya sempaja, dan stadion utama palaran semuanya dibangun sebagai fasilitas olahraga untuk kegiatan PON tahun 2008 du samarinda.

Perumahan berkelas atau elite sudah menjamur di kota ini, dimana zaman dulu perumahan elite samarinda yaitu voorvo, batu alam permai, erlyza sekarang telah menjamur seperti villa tamara, citraland city, bukit mediterania, pandan harum hills, grand mahakam, pesona mahakam, grand tamansari, samarinda recidance, sempaja recidance dan yang teranyar adalah alaya dan masih banyak lagi yang lainnya.

Begitu banyak perubahan wajah kota samarinda ini yang dulunya dikatakan kampung besar sekarang menjadi kota besar bahkan merupakan kota dengan penduduk terbanyak di pulau kalimantan dimana jumlah penduduknya hampir mendekati 1 juta jiwa.

Sekarang kita mengarah ke arah yang negatif.
Samarinda belum bisa mengubah wajahnya menjadi kota yang bersih dan kota yang tertib kalau masalah sampah tidak terlalu kotor lah kota samrinda ini tapi masalh debu yang belum bisa diatasi oleh pemkot samarinda begitu juga masalah kemacetan kota dimama samrinda berubah menjadi kota yang macet hari makin hari dan belum bisa diatasi oleh pemkot samarinda.
Begitu juga masalah banjir, kota samarinda menjadi kota banjir dan belum bisa diatasi oleh pemkot apalagi ditambah banyaknya ijin usaha pertambangan di kota ini sehingga banjir yang melanda kota samarinda makin meluas.
Dan sampai saat ini kekalahan samrinda adalah belum dimilikinya sebuah bandara besar yang dapat di jadikan penerbangan domestik namun saat ini masih dalam pembangunan bandara pengganti bandara temindung yaitu bandara samarinda baru yaitu di sei.siring.

Begitulah sekelumit cerita dari kota tercinta ku samarinda semoga dapat menjadi kota yang nyaman untuk ditinggali menjadi kota yang bersih menjadi kota yang indah sejuk dan damai sesuai motto kotanya yaitu kota TEPIAN teduh rapi aman dan nyaman.

4 komentar:

  1. mantab dingsanak ku lenjau ni sekalinya nulis..jujur aku kangen samarinda yang dulu....hehehe...udin air putih

    BalasHapus
  2. Waw..udinkah ini?heehh..
    Iya din ku juga ridu samarinda yang dulu, gak ada kemacetan, bersih, sepiiii...gak pernah banjier.
    Sekarang mah, macet, debu, panas dan banjirr.

    Msh belajar nulis tuh din, nulisnya aja salah - salah.heheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan kemajuan jaman, Samarinda engk bisa disamakan dengan jaman dulu,.. wajar Samarinda banjir,.. karna bertambahnya penduduk,.. volume sampah bertambah banyak.. kesadaran membuang sampah sembarangan,.. Makanx kalo mau Samarinda Bersih mulai dari diri sendiri.. jangan saling menyalahkan...

      Hapus
  3. Good,..Samarinda kota metro,..gak boleh dgn Balikpapan donk,..aplgi klo jdi rncna dibngun Trans Studio,.mkin asyiklah Samarinda...good. ibukotaku!

    BalasHapus